KENAIKAN GAJI GURU DIPROTES

JAKARTA, JUMAT — Kenaikan gaji guru tahun 2009 memicu timbulnya potensi kecemburuan antar profesi. Hal tersebut disampaikan Menteri Negara PPN/Bappenas Paskah Suzetta. Paskah mengatakan beberapa profesi lain mengajukan keberatan atas kenaikan gaji guru.

“Ada profesi lain yang yang memprotes kenaikan gaji guru. Profesi tersebut adalah para dokter, pegawai tidak tetap di pelosok yang gajinya dibawah rata-rata Rp 1 juta hingga 2 juta,” kata Paskah, di Jakarta, Jumat (12/9).

Kecemburuan tersebut, menurut Paskah, karena adanya perbedaan yang signifikan antara gaji guru dengan profesi lainnya. Perbedaan itu akan terlihat jelas di daerah yang memiliki Upah Minimum Regional (UMR) yang rendah, terutama daerah pelosok.

Sebelumnya Menteri Pendikan Nasional Bambang Sudibyo mengatakan gaji guru pada 2009 akan mencapai angka minimal Rp 2 juta. Gaji tersebut untuk guru Pegawai Negeri Sipil (PNS)  Golongan 2B tanpa sertifikat profesi dengan masa mengajar 0 tahun.

Kenaikan gaji guru tersebut terkait adanya penambahan anggaran pendidikan Rp 46,1 triliun dalam rangka memenuhi anggaran pendidikan 20 persen dari APBN 2009.

“Dari jumlah itu Rp 24 triliun digelontorkan ke Depdiknas, Rp 12 triliun ke Departemen Agama, dan sisanya untuk bantuan skema dana alokasi dan bantuan ke kegiatan pendidikan,” ujar Paskah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s